Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

BUDAYA HIDUP SEHAT


Materi Penjas SMP Kelas VII semester 1

A.    POLA MAKAN SEHAT


1)   Pengertian Makanan Sehat
Makanan yang dikategorikan sebagai makanan sehat adalah makanan yang mengandung unsur-unsur zat yang dibutuhkan tubuh dan tidak mengandung bibit penyakit atau racun. Namun, makanan yang dikategorikan sehat ini sangat berhubungan dengan sikap dan pola makan dari setiap orang. Jadi makanan yang mengandung unsur-unsur gizi harus disertai dengan upaya menjaga kebersihan dan kesehatan orang yang mau memakannya.

2)   Unsur-unsur Makanan Sehat
Kita memerlukan zat makanan yang dibutuhkan agar tubuh dapat beraktivitas dengan normal. Untuk itu, tubuh kita harus diberi makanan yang bergizi dan sehat. Unsur-unsur makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat-zat seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin, air dengan takaran yang seimbang.


3)   Manfaat Unsur-unsur Makanan
Zat-zat yang dikandung dalam makanan mempunyai fungsi atau manfaatnya tersendiri bagi tubuh kita. Zat-zat yang dibutuhkan tubuh fungsinya sebagai zat tenaga, sebagai pembangun, sebagai pengatur, dan sebagainya.
a)    Zat tenaga
Zat tenaga biasa berasal dari karbohidrat, lemak, protein. Unsur-unsur ini biasa terdapat pada nasi, jagung, daging, telur, dan lain sebagainya.
b)    Zat pembangun
Dalam makanan terdapat zat yang disebut dengan zat pembangun. Unsur-unsur makanan yang mengandung zat pembangun adalah protein, mineral, air. Unsur-unsur ini harus seimbang agar kesehatan seseorang terjaga dengan baik.
c)    Zat pengatur
Makanan yang terdapat zat pengatur adalah mineral, vitamin,dan air. Zat-zat ini mudah diperoleh dalam makanan yang kita makan.

4)   Minuman Sehat
Air minum yang sehat adalah air minum yang cukup mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Air minum sehat juga berarti air minum yang bebas dari bibit penyakit dan racun.
Memilih minuman memang tak lepas dari masalah selera, namun sebaiknya kita tidak melupakan segi kesehatan. Kita perlu mengetahui unsur-unsur apa saja yang terdapat dalam suatu jenis minuman. Apakah minuman itu merupakan minuman yang dibutuhkan tubuh kita atau tidak. Atau apakah minuman itu termasuk minuman yang bersih dan sehat? Berikut ini ada beberapa syarat air yang bersih dan sehat.
a)   Harus jernih tak berwarna, tak berbau, dan tak berasa (asin, manis, pahit, getir) atau disebut air yang memenuhi persyaratan fisis.
b)  Tidak mengandung zat yang membahayakan kesehatan, seperti zat tembaga, zat seng, zat racun, dan alkohol. Atau disebut air yang memenuhi persyaratan khemis (kimiawi)
c) Tidak mengandung benih-benih penyakit, misalnya: penyakit typhus dan dysentri.
d)   Cukup mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh.

  
B.   GIZI SEIMBANG
Ada beberapa minuman yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita seperti air, kopi, susu, jus, dan lain sebagainya. Semua minuman bermanfaat bagi tubuh kita tetapi belum tentu semuanya dibutuhkan oleh tubuh kita. Karena itu kita perlu menjaga keseimbangan gizi. Jika tidak ada kesimbangan gizi maka zat-zat yang kelebihan akan menimbulkan penyakit baru. Misalnya, kita kita makan makanan yang bergizi tinggi tetapi tidak melakukan olahraga maka bisa mengakibatkan obesitas atau kegemukan yang berlebihan. Lalu apa yang dimaksud dengan gizi seimbang? 

Gizi seimbang adalah susunan menu seimbang yang dapat memberikan:
·      Cukup kalori/energi, guna memenuhi pengeluaran energi setiap hari.
·      Cukup protein, guna memenuhi keperluan tubuh untuk pertumbuhan.
·  Cukup lemak, guna keperluan tubuh akan asam lemak tak jenuh dan untuk menggunakan vitamin-vitamin yang larut dalam lemak.
·      Cukup vitamin dan mineral.
 
Menu seimbang ini biasanya disebut sebagai hidangan 4 (empat) sehat 5 (lima) sempurna, yang terdiri atas :
·      Makanan pokok (sumber hidrat arang)
·      Lauk-pauk (sumber protein dan lemak)
·      Sayuran (vitamin dan mineral)
·      Buah-buahan (sumber vitamin)
-    Susu (sumber protein, vitamin dan mineral)


Sumber : Roji. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMP Kelas 7. Jakarta: Erlangga.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar